Senin, 31 Januari 2011

5 Metode Meredakan Rasa Sakit Saat Melahirkan

Para wanita hamil biasanya akan mengalami kecemasan dan kekhawatiran menjelang proses kelahiran buah hatinya. Mencari kesibukan dengan mengumpulkan informasi dan mencari jalan untuk mengatasi rasa sakit yang akan dialami pada waktu kelahiran nanti merupakan salah satu cara untuk mengurangi kecemasan menjelang proses kelahiran itu tiba. Ada beberapa pendekatan yang berbeda tentang persalinan dan kelahiran. Berikut adalah penjelasan mengenai 5 metode untuk meredakan rasa sakit dalam proses menjelang kelahiran yang mungkin bisa jadi rekomendasi untuk anda :

pregnantyoga-237x300-edit.jpg

Metode Bardley

Metode ini dikembangkan pada tahun 1940-an oleh Dr. Robert Bradley. Metode ini berfokus untuk membantu Anda pada proses kelahiran normal dengan sedikit penggunaan obat-obatan untuk mengontrol rasa sakit yang ditimbulkan. Fokusnya adalah tentang asupan gizi dan olahraga yang dilakukan oleh wanita hamil selama kehamilan, serta dengan memiliki suami atau pasangan sebagai pendamping selama anda melakukan olahraga secara rileks untuk mengontrol rasa sakit dan menyiapkan tubuh anda untuk menghadapi proses kelahiran. Metode ini mengajarkan anda untuk fokus terhadap tubuh anda sendiri dan menemukan pusat ketenangan dalam tubuh ketika anda bekerja dengan tubuh anda untuk memperoleh kekuatan saat melahirkan bayi anda. Metode ini tidak menyarankan penggunaan USG, episiotomies, dan anastesi lokal dan lebih menyarankan kelahiran dengan bidan daripada dengan dokter.

Metode McMoyler

Pada tahun 1993, seorang suster bernama Sarah McMoyler, yang sudah lama menangani proses kelahiran, mengembangkan sebuah metode dalam mempersiapkan kelahiran bayi yang memfokuskan pada tujuan akhir agar ibu dan bayinya selamat dalam menjalani proses kelahiran. Tidak peduli bagaimana proses yang dijalani oleh sang ibu ketika menjalani kehamilan, yang terpenting pada saat kelahiran sang ibu dan anaknya bisa selamat. Pada metode ini diperlukan pendamping selama anda mejalani masa kehamilan, teknik relaksasi dan mengatasi rasa sakit harus sering dilakukan sehingga anda bisa merasa nyaman saat proses itu terjadi. Metode ini berfokus pada cara untuk mengatasi kontraksi dan mendorong anda untuk tetap merasa tenang sehingga komunikasi akan berjalan lancar antara anda dengan tim perawat yang akan membantu proses persalinan anda. Menurut McMoyler, jika anda tetap tenang saat terjadinya kontraksi, anda bisa lebih fokus dan akan memudahkan proses kelahiran buah hati anda.

Metode Lamaze

Metode Lamaze merupakan metode tertua yang ada di Amerika. Metode ini menggunakan beberapa teknik pengalih perhatian, seperti berkonsentrasi, mengatur pola pernapasan, dan point yang terpenting untuk anda yaitu, untuk membantu anda mengatasi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada saat proses persalinan dan kelahiran. Anda dan pasangan anda akan diajarkan beberapa posisi melahirkan yang berbeda dan efek yang ditimbulkan pada proses kelahiran, serta kemampuan berkomunikasi yang baik yang akan membantu anda dengan tim perawat dalam proses kelahiran. Menurut Metode Lamaze, dukungan merupakan kunci utama untuk proses kelahiran yang baik dan setelah proses kelahiran. Pasangan anda akan diajarkan teknik memijat serta cara yang lain untuk membantu anda mengatasi rasa sakit pada saat proses kelahiran buah hati anda.

Hypnobirthing

Hypnobirthing merupakan metode yang cukup baru yang mulai dikenal oleh masyarakat kita. Metode ini berfokus pada self-hypnosis untuk menciptakan suasana tenang dan nyaman selama proses menjelang kelahiran buah hati anda. Metode ini juga berfokus pada olahraga yang dilakukan selama proses kehamilan agar tubuh anda siap saat menghadapi proses kelahiran. Metode ini mengajarkan anda cara pernapasan pada perut, panduan secara visualisasi mengenai self-hypnosis untuk membantu anda mengurangi rasa sakit dan ketidaknyamanan pada saat proses melahirkan. Anda akan diajarkan juga bagaimana menggunakan alat bantuan untuk bisa menempatkan dari anda pada keadaan hypnotis. Banyak dari para ibu yang sudah melakukan teknik Hypnobirthing ini mengaku bahwa rasa sakit pada saat proses kelahiran itu berkurang, bahkan tidak merasakan sakit lagi.

Normal

Melahirkan dengan cara normal merupakan salah satu teknik melahirkan yang terdiri dari beberapa parameter yang berbeda. Dari sumber non-medis ataupun medis sendiri, mereka sangat menganjurkan untuk melahirkan dengan cara normal. Teknik ini berfokus untuk mengajarkan anda dan pasangan anda berbagai posisi melahirkan yang berbeda dan menjelaskan kepada anda dan pasangan anda bahwa ini adalah proses melahirkan dan persalinan yang sesungguhnya. Anda juga akan diajarkan bagaimana cara mendorong dan bernapas pada saat proses persalinan. Teknik pernapasan perut juga sangat berperan penting pada proses ini, jika anda berhasil menguasai teknik pernapasan ini, maka proses kelahiran anda, akan semakin mudah.

(Source : www.ehow.com)

http://kafebalita.com/content/articles/read/2009/11/5-metode-meredakan-rasa-sakit-saat-melahirkan/1312

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar