Jumat, 07 Januari 2011

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Manfaat Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur


Sebelumnya, daku pernah menulis tentang Pentingnya Air Bagi Tubuh. Dan kali ini, lebih jelas lagi daku ingin menulis tentang manfaat minum air putih setelah bangun tidur. B-) Awalnya, cara ini daku dengar dari (Alm.) papa. Dan melihat sendiri bagaimana beliau setiap pagi hari setelah turun dari tempat tidur langsung menenggak 2 botol besar air minum berukuran 1.0L yang mana jika ditotal adalah 2.0L air putih! Waaaww (bigeyes) Awalnya sih, papa nggak kuat minum langsung satu atau dua botol seperti itu. Tapi dimulai dengan satu gelas besar berukuran kira2 300mL. Dan kemudian karena udah terbiasa, jadi bisa menenggak 2 botol sekaligus!

Naaahh, kali ini yang mau daku bahas adalah manfaat dari minum air putih setelah bangun tidur. Bukan air dingin apalagi air hangat lho ya!

Sewaktu tidur, tubuh kita itu bekerja secara maksimal. Menyaring racun, membersihkan darah, menyerap zat-zat gizi yang dikonsumsi dari makanan selama kita bangun, dan lain-lain. Dan kemudian, saat kita bangun tidur di pagi hari, adalah saat-saat dimana tubuh kita mangandung banyak “kotoran” sisa metabolisme yang harus dibuang. Cara membuangnya bagaimana? Karena sebenarnya tidak hanya dengan BAK dan BAB saja, tapi bisa dibuang melalui keringat dan saluran pembuangan yg lain.

How ?
Sewaktu bangun pagi, kotoran-kotoran hasil metabolisme itu tidak semuanya langsung bisa keluar. Maka dari itu, kita butuh air putih yang bisa menstimulasi kerja saluran pembuangan dengan segera. Disinilah air putih berperan sangat baik bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi air putih sesaat setelah membuka mata, kita dibantu untuk membuang racun-racun yang menempel dalam saluran tubuh, dan kemudian dibuang melalui saluran pembuangan. Cara meminumnya pun bermacam-macam. Tidak melulu harus langsung banyak, koq! Mulai saja dari yang kecil dulu, satu gelas. Tapi berkali-kali. Atau bisa dengan cara ini, nih :

  1. Bangun tidur (sebelum sikat gigi) minumlah 4 x 160ml gelas air. (Tiap gelas diminum satu kali tarikan nafas)
  2. Setelah itu gosok gigi, dan tidak boleh makan selama 45 menit hingga satu jam setelahnya,
  3. 15 menit setelah sarapan atau makan siang/malam, minum beberapa gelas air untuk melancarkan proses pencernaan makanan,
  4. Usahakan untuk tidak makan 2 jam setelah sarapan/makan siang/makan malam.

Jika memiliki waktu ekstra, ada baiknya juga untuk menyediakan air hasil distilasi untuk diminum di pagi hari. Apa sih air distilasi itu? Air distilasi adalah air yang bisa didapatkan dari hasil penyaringan sumber air baku yang biasanya masih mengandung garam. Air itu di-distilasi untuk menghilangkan kadar garamnya. Artikel lengkap untuk membuat air hasil distilasi bisa dibaca disini. (goodluck)

For What ?
Manfaat dari minum air setelah bangun tidur ini ternyata banyak sekali lho! Misalnya untuk menyembuhkan migrain, kurang enak badan, gangguan sistem hati (lever), radang sendi, sakit jantung, epilepsi, obesitas, asma, TBC, radang selaput (otak atau sumsum tulang belakang), gangguan ginjal, vomiting (emesis), radang lambung, mencret, piles, diabetes, sembelit, gangguan mata, gangguan rahim (kanker &menstruasi tidak lancar), dan bahkan gangguan THT.

Banyak yhaaaa… Dan untuk daku sendiri, minum air putih sewaktu bangun tidur itu menyegarkan! Dan untuk konsumsi air daku sendiri juga termasuk banyak, karena satu galon air berukuran 19L bisa habis dalam waktu 4-5 hari saja. Kayak Onta? Biarin.. Yang penting sehat. (dance)

Terapi meminum air ini bisa dikategorikan sebagai detoksifikasi. Jadi, detoksifikasi tidak harus menggunakan bahan-bahan buatan atau bahan-bahan organik yang susah dicari dan juga mahal, bukan? Selama masih bisa dilakukan dengan mudah dan murah, mengapa harus mencari yang mahal? :)


Sumber : http://neng-ocha.com/manfaat-minum-air-putih-setelah-bangun-tidur/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar