Jumat, 07 Januari 2011

Pencegahan Pengapuran Tulang









PENCEGAHAN PENGAPURAN TULANG



Pengapuran pada tulang belakang atau yang disebut spondilosis adalah kelainan yang disebabkan oleh penurunan fungsi tubuh akibat pertambahan usia ( proses degenerasi ). Hal ini akan menyebabkan fungsi tubuh akibat pertambahan ( proses degenerasi ). Hal ini akan menyebabkan fungsi dan struktur tulang belakang menjadi tidak normal. Sebenarnya istilah pengapuran tidak seratus persen benar. Karena yang terjadi adalah proses perusakan pada sendi dan tulang rawan, tumbunya osteofit ( seperti tonjolan-tonjolan kecil pada tulang ), dan bukan berarti terjadinya penumpukan kapur pada tulang.

Walaupun penyebab utamanya adalah usia, tetapi lokasi dan tingkat keparahan berbeda pada masing-masing individu. Proses degenerasi ini dapat terjadi di tulang belakang bagian leher, dada belakang atau pinggang. Beberapa faktor risiko lainnya, antara lain : riwayat trauma berulang ( seperti membawa beban berat, angkat besi, pesenam ); adanya faktor keturunan ; merokok dan kelainan bawaan pada tulang belakang.

Tindakan pencegahan :

  • Olahraga yang teratur dengan jumlah dan intensitasnya harus cukup, jangan berlebihan. Bagi yang mempunyai riwayat keturunan, dianjurkan berenang, hindari loncat-loncat, tidak mengangkat beban berat, hindari membungkuk saat mengambil benda di lantai.
  • Berdiet dengan cara menghindari makanan-makanan banyak lemak, asam urat. Usahakan tetap menjaga berat badan ideal.
  • Hidup dalam lingkungan yang sehat dengan udara yang bersih dan menghindari polusi yang berlebihan.
  • Hidup teratur, berteman atau mengatasi stress dengan baik

Bagi yang menderita pengapuran pada tulang belakang :

  • Hindari membungkuk atau memutar tulang belakang
  • Biasakan duduk dalam posisi tegak dan tidak membungkuk
  • Pakailah sepatu yang nyaman
  • Kurangi makanan yang berkalori tinggi dan berlemak
  • Mengkonsumsi sayur dan buah karena banyak mengandung vitamin, mineral dan antioksidan.

Olahraga yang dianjurkan adalah yang latihan isometric, yaitu latihan untuk menguatkan otot-otot penyangga tubuh, tanpa menggerakkan tulang dan sendi. Gerakan ini dapat dilakukakn di dalam air, seperti mengencangkan otot kaki dan perut dalam air. Gerakan yang dilakukan didalam air akan membantu melindungi sendi-sendi dan juga mempermudah gerakan-gerakan yang banyak menggunakan tulang belakang, seperti membungkuk dan mengangkat berat.

Sumber : http://hs3s.multiply.com/journal/item/32

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar